Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7 No 2 (2020)

Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD Universitas Ahmad Dahlan Pada Pembelajaran IPA

Nikmah, Lailatul (Unknown)
Maryani, Ika (Unknown)
Purwanti, Siwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2020

Abstract

HOTS merupakan proses berpikir pada level kognitif yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen, dan kemampuan mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS. Mahasiswa dalam menghadapi berbagai perkembangan di era abad 21 tentunya dibutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey selain itu jenis penelitian ini bersifat ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Subjek penelitian yaitu mahasiswa UAD yang sedang menempuh matakuliah IPA. Populasi dari penelitian yaitu mahasiswa PGSD UAD yang sedang menempuh matakuliah IPA. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa semester 1 dan mahasiswa semester 5, Jumlah sampel yang digunakan yaitu 154. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa semester 1 mencapai 38,67% dan masuk pada kategori sedang. Mahasiswa semester 1 dalam mengerjakan soal kemampuan analisis mencapai 37,33% masuk pada kategori rendah dan persentase dalam pengerjaan soal tipe evaluasi masuk dalam kategori sedang. Secara umum mahasiswa semester 5 kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa masuk dalam kategori sedang, dengan persentase 38,67%. Mahasiswa semester 5 dala mengerjakan tipe soal analisis mencapai 41,77% masuk dalam kategori tinggi, dan tipe soal evaluasi sebesar 32,91% masuk dalam kateori sedang. Demikian dapat diketahui bahwa mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS perlu ditingkatkan lagi khususnya pada tingkat evaluasi (C5).  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

NATURAL

Publisher

Subject

Education

Description

Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education ...