Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak siswa MTs Persis Sumedang yang tergolong baik, dengan tingkat pelanggaran hanya sekitar 5–10%. Kondisi tersebut diduga berkaitan dengan penerapan metode targhib wa tarhib, yaitu metode pendidikan Islam yang memadukan konsep ganjaran dan hukuman juga janji dan ancaman dalam koridor syariat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode targhib wa tarhib pada siswa di MTs Persis Sumedang, gambaran akhlak siswa di MTs Persis Sumedang, serta pengaruh metode targhib wa tarhib terhadap akhlak siswa di MTs Persis Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 228 siswa dan sampel 60 siswa (25%). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket, wawancara, dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode targhib wa tarhib memperoleh hasil hampir setengahnya (38,3%) dengan kategori “Baik”, sedangkan akhlak siswa memperoleh hasil sebagian besar (61,7%) dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara metode targhib wa tarhib terhadap akhlak siswa (p = 0,023; r = 0,293), yang berarti hubungan positif namun lemah. Uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa metode targhib wa tarhib berpengaruh sebesar 5,5% terhadap akhlak siswa, sedangkan 94,5% dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode targhib wa tarhib berkontribusi positif terhadap pembentukan akhlak siswa meskipun dalam tingkat yang lemah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi penguatan strategi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di sekolah.
Copyrights © 2025