Dirasatul Ibtidaiyah
Vol 4, No 1 (2024): DIRASATUL IBTIDAIYAH

IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI ALWATHANIYAH KOTA GORONTALO

Kobandaha, Gebiastika (Unknown)
Pateda, Lamsike (Unknown)
Pratiwi, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

AbstractThis study was motivated by the decline in students' learning outcomes in IPAS at Grade IV of MI Alwathaniyah. The aim of this research is to determine the improvement in students' learning outcomes by implementing the Cooperative Script method using Pop-Up Book media. This research employs Classroom Action Research (CAR) involving 22 students, consisting of 15 boys and 7 girls, conducted over two cycles. Each cycle comprises two meetings and follows the Kemmis and Taggart model, which includes planning, action, observation, and reflection. The results indicate that both teacher and student activities improved from Cycle I to Cycle II; teacher activity increased from 63% to 94%, student activity from 66.7% to 85.4%, and students' learning outcomes from 68.1% to 95.4%. In conclusion, the implementation of the Cooperative Script method with Pop-Up Book media is effective in enhancing students' learning outcomes in IPAS for Grade IV at MI Alwathaniyah. These findings are significant for improving the quality of education in schools.Keywords: Cooperative Script, Pop-Up Book, Learning Outcomes, IPAS LearningAbstrakAbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV MI Alwathaniyah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan metode Cooperative Script menggunakan media Pop Up Book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 22 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 7 perempuan, selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan mengikuti model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II; aktivitas guru meningkat dari 63% menjadi 94%, aktivitas siswa dari 66,7% menjadi 85,4%, dan hasil belajar siswa dari 68,1% menjadi 95,4%. Kesimpulannya, penerapan metode Cooperative Script dengan media Pop Up Book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Alwathaniyah. Hasil penelitian ini penting untuk diterapkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.Kata Kunci: cooperative script, Pop Up Book, Hasil Belajar, pembelajaran IPAS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IBTIDAIYAH

Publisher

Subject

Education

Description

DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah jurnal yang berfokus pada studi kritis tentang pendidikan dasar. Menyelidiki dinamika pembelajaran siswa di jenjang pendidikan dasar / madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar islam). Selain fokus pada pengembangan pengajaran di pendidikan dasar. Fokus dan ruang lingkup ...