Dirasatul Ibtidaiyah
Vol 4, No 2 (2024): DIRASATUL IBTIDAIYAH

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Adawiah S, Rabiatul (Unknown)
Aswar, Nurul (Unknown)
Warda, Andi Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan membaca permulaan, penerapan model direct instruction berbasis media kartu, dan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 50 Bulu Datu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk mengidentifikasi kecenderungan dalam kegiatan pembelajaran. Guna mendapatkan data yang dibutuhkan maka digunakan teknik pengumpulan data yaitu tes tulis, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat 3 siswa yang memenuhi nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan dengan nilai ≥35, sementara 19 siswa atau 86% lainnya masih belum memenuhi nilai rata-rata ketuntasan kemampuan membaca. Penerapan model direct instruction berbasis media kartu membuat siswa semangat dan memiliki antusiasme yang tinggi dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan memberikan instruksi yang jelas dan dukungan visual yang efektif, sesuai dengan teori yang mendukung penggunaan media dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IBTIDAIYAH

Publisher

Subject

Education

Description

DIRASATUL IBTIDAIYAH adalah jurnal yang berfokus pada studi kritis tentang pendidikan dasar. Menyelidiki dinamika pembelajaran siswa di jenjang pendidikan dasar / madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar islam). Selain fokus pada pengembangan pengajaran di pendidikan dasar. Fokus dan ruang lingkup ...