AbstrakKehidupan sehari-hari, termasuk pendidikan menjadikan teknologi digital memegang peranan yang sangat penting seiring dengan derasnya arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fungsi literasi digital di sekolah dasar sebagai langkah awal dalam mengembangkan karakter siswa. Berdasarkan hasil penelitian literasi digital pertama yang dipaparkan oleh Paul Gilster, artikel ini menyoroti banyak komponen penting yang dapat membantu siswa memahami teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Literasi digital menuntut pengembangan keterampilan kognitif, religius, konstruktif, komunikatif, perseptual, kritis, kreatif, dan sosial. Data dari beberapa rangkuman yang relevan dikumpulkan dan dianalisis melalui studi tinjauan pustaka ilmiah dalam proyek penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa tidak memiliki akses terhadap teknologi digital, yang menghambat pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memastikan bahwa siswa dapat menggunakan teknologi digital secara aman dan efektif serta mengatasi masalah seperti pembelajaran daring dan berbagi informasi tanpa kertas. Diharapkan penelitian ini akan memberikan wawasan bagi pendidik tentang penggunaan literasi digital untuk mengajarkan karakter.Kata Kunci: Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, dan Teknologi Pendidikan AbstrakKehidupan sehari-hari, termasuk pendidikan membuat teknologi digital berperan sangat penting seiring cepatnya arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji kerja literasi digital di sekolah dasar sebagai langkah awal dalam mengembangkan karakter peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian literasi digital pertama yang dijelaskan oleh Paul Gilster, artikel ini menyoroti banyak komponen penting yang dapat membantu peserta didik memahami teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Literasi digital memerlukan pengembangan keterampilan kognitif, religius, konstruktif, komunikatif, perseptual, kritis, kreatif, dan sosial. Data dari beberapa ringkasan yang relevan dikumpulkan dan dijelaskan melalui studi tinjauan pustaka ilmiah dalam proyek penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa banyak peserta didik tidak mempunyai akses ke teknologi digital, yang menghambat pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik guna agar peserta didik dapat memanfaatkan teknologi digital dengan cara yang aman dan efektif serta mengatasi masalah seperti pembelajaran berani dan berbagi informasi tanpa kertas. Diperkirakan penelitian ini akan memberikan wawasan bagi para pendidik tentang penggunaan literasi digital untuk mengajarkan karakter.Kata Kunci : Literasi Digital, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, dan Teknologi Pendidikan
Copyrights © 2024