Journal of Early Childhood Education Studies
Vol 4 No 1 (2024): Juni

Hubungan Aktivitas Integrasi Visual Motorik Dengan Handwriting Skills Anak Usia Dini

Nur Amanah, Khamila Osama (Unknown)
Kurnia, Aam (Unknown)
Nurdiansah, Nano (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Handwriting skills pada anak usia dini merupakan keterampilan dasar yang penting dalam perkembangan akademis mereka. Salah satu faktor yang mempengaruhi handwriting skills ini adalah integrasi visual motorik, yaitu kemampuan untuk mengkoordinasikan persepsi visual dengan gerakan motorik tangan. Berdasarkan hasil observasi di Kelompok B RA Al-Hasan Panyileukan Kota Bandung yang menunjukkan adanya masalah pada keterampilan motorik halusnya. Hal ini terlihat dari sejumlah anak, di mana 50% diantaranya mengalami kesulitan dalam memegang dan mengendalikan alat tulis, yang menyebabkan adanya hambatan pada handwriting skills mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini. Jenis pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh artinya jumlah sampel dilakukan dengan menetapkan seluruh populasi sebagai responden penelitian. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh harga t hitung 3.59 > t tabel 2.179, maka dapat diinterpretasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya adanya korelasi yang signifikan antara integrasi visual motorik dengan handwriting skills anak usia dini, di mana anak-anak dengan kemampuan integrasi visual motorik yang baik cenderung memiliki handwriting skills yang lebih baik. Dengan demikian, intervensi yang difokuskan pada latihan visual motorik di lingkungan pendidikan anak usia dini dapat menjadi langkah efektif dalam mendukung perkembangan handwriting skills mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joeces

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Bakti Wanita Islam ( STAI YPBWI) Surabaya. Terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Jurnal ini memuat tulisan hasil studi tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan perspektif ...