Paparan teknologi menjadikan penurunan rentang perhatian pada generasi digital sehingga berdampak pada proses pembelajaran. Hal ini memberikan peluang pada teknologi pembelajaran untuk dapat memberikan solusi dalam menghadapi hal tersebut. Systematic Literature Review ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknologi pembelajaran terhadap rentang perhatian untuk mengoptimalkan pembelajaran pada generasi digital. Strategi pencarian menggunakan metode PRISMA dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikumpulkan dari basis data Google Scholar, Scopus, dan PubMed sehingga menghasilkan 20 artikel untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa fenomena rentang perhatian sangatlah berkaitan erat dengan teori beban kognitif. Oleh karena itu sebagian besar pendekatan yang dijabarkan mengutamakan pada pembagian konten pembelajaran menjadi bagian-bagian kecil dan diintegrasikan dengan berbagai strategi agar konten lebih menarik perhatian siswa. Melalui model pembelajaran aktif dan kolaboratif juga akan meningkatkan keterlibatan siswa sehingga akan berpengaruh kepada rentang perhatian generasi digital.
Copyrights © 2025