Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 13 No. 1 (2025): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA LAYANAN TRANSPORTASI LAUT GILI BAHARI

Fikri, Muhammad (Unknown)
Stevany Hanalyna Dethan (Unknown)
Baiq Dinna Widiyastii (Unknown)
Ega Dwi Putri Marswandi (Unknown)
Baiq Nadia Nirwana (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan transportasi laut Gili Bahari. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitan kuantitatif deskriptif. Peneliti menetapkan jumlah sampel sebesar 130 responden yang perna membeli tiket Boat Bili Bahari yang berusia 18-45 tahun. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS 26. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kelengkapan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil uji simultan kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa layanan transportasi laut Gili Bahari.

Copyrights © 2025