Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 6 No. 1 (2025): April

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN BAHASA IBU DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 9 TA KABUPATEN BONE

Sudirman, Sudirman (Unknown)
Rahmi, Sitti (Unknown)
Imaniah Arifuddin, A. Anisyah Imaniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2025

Abstract

Abstract: This research is quantitative with a correlational approach aimed at describing the relationship between the use of mother tongue and descriptive writing skills among 5th grade students at SD Negeri 9 Ta. The population consists of 23 5th-grade students, utilizing a saturated sampling technique. Data collection methods include questionnaires and tests. Data analysis techniques involve descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis Based on the results of the descriptive analysis, it was found that the dominance of mother tongue usage was 87%, which falls into the very high category. The most frequently used mother tongue type was a mix of Indonesian and regional languages, accounting for 66%. The students’ descriptive writing skills were categorized as low, with a percentage score of 61%. Inferential statistical analysis revealed a significant value of 0.001, which is ≤ 0.05. Thus, H0 is rejected, and H1 is accepted, with a correlation coefficient of -0.69, indicating a strong negative relationship. Therefore, it can be concluded that there is a significant relationship between the use of mother tongue and descriptive writing skills among 5th-grade students at SD Negeri 9 Ta, Bone Regency.Keywords: Mother Tongue, Writing Skills, Descriptive Essay Abstrak: Penelitian ini adalah peneitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan penggunaan bahasa ibu dengan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri 9 Ta. Jumlah populasi sebanyak 23 siswa kelas V dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil penelitian dominasi penggunaan bahasa ibu dengan persentase 87% berada pada kategori sangat tinggi dengan jenis bahasa ibu yang paling banyak digunakan adalah bahasa campuran Indonesia-daerah sebanyak 66% dan teterampilan menulis karangan deskripsi siswa memiliki nilai persentase 61% berada pada kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,001 yang berarti < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima dengan koefisen korelasi yaitu -0,69 yang berarti memiliki hubungan negatif dalam kategori kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan bahasa ibu dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 9 Ta Kabupaten Bone. Kata Kunci : Bahasa Ibu, Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JBPK

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan dan permasalahan pendidikan dan kebudayaan. Peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat mengirimkan naskah kepada kami sesuai dengan Pedoman ...