Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 3 (2025): Oktober 2025 - Januari 2026

Strategi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Kemandirian Pada Siswa MTs Yayasan Pendidikan Islam Delitua

Kira, Aprilia (Unknown)
Lubis, Rahmat Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter kemandirian pada siswa MTs Yayasan Pendidikan Islam Delitua. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembiasaan, keteladanan, penugasan mandiri, motivasi, dan perhatian khusus yang diterapkan secara konsisten dan integral. Strategi-strategi tersebut berdampak positif dalam membentuk karakter kemandirian siswa. Faktor pendukung dan penghambat juga diidentifikasi untuk memberikan gambaran komprehensif terkait proses pembentukan karakter tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...