Open Community Service Journal
Vol. 4 No. 2 (2025): Open Community Service Journal

Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru

Hafni, Nurlaili Dina (Unknown)
Mubaidilla, Irfa'i Alfian (Unknown)
Agustin, Nurhaingtyas (Unknown)
Pradana, Akhmad Aji (Unknown)
Ngainin, Nurul (Unknown)
Prasetyo, Agus Fathoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) memerlukan dukungan dalam bentuk pelatihan yang aplikatif dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pelatihan penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bentuk refleksi dan pengembangan praktik pembelajaran.Tujuan: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun PTK, khususnya dalam aspek perumusan masalah, tujuan, dan rancangan tindakan kelas.Metode: Kegiatan dilaksanakan di MI Islamiyah P2A Gaji dengan melibatkan lima orang dosen sebagai narasumber. Metode yang digunakan meliputi pemaparan materi, diskusi interaktif, serta praktik penyusunan rancangan PTK.Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan awal guru dalam merancang PTK serta menumbuhkan kesadaran pentingnya penelitian sebagai bagian dari pengembangan profesional. Kegiatan ini direkomendasikan untuk dilanjutkan pada tahap pendampingan lanjutan hingga tahap penulisan laporan akhir PTK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

OCSJ

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Open Community Service Journal (OCSJ) merupakan jurnal nasional di bawah lembaga Research and Social Study Institute salah satu lembaga ilmiah di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Open Community Service Journal menerbitkan artikel artikel hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa ...