'A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab
Vol 13, No 1 (2024): Kajian Bahasa dan Sastra Arab

Analisis Kesulitan Mendikte (Mengimla) Teks-Teks Bahasa Arab Bagi Santri Pondok Pesantren Wihdatul Ulum

Malla, Agussalim Beddu (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Tujuan utama dari pembelajaran bahasa Arab adalah menggali dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa, baik secara aktif (lisan) ataupun pasif (tulis). Tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui cara mendikte teks-teks bahasa Arab yang sesuai dengan metode Imla dan untuk mengetahui Metode yang digunakan santri dalam mengimla teks-teks bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebab masalah yang diteliti adalah kegiatan, keadaan dan kondisi yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu metode observasi dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pondok pesantren ini menggunakan metode al-imla’ al-istima’i, yang dimaksud alistima’i disini adalah mendengarkan kata-kata atau kalimat teks bahasa Arab yang dibacakan, lalu menulisnya dengan mengendalikan hasil kecermatan mereka dalam mendengarkan bacaan guru. Bentuk kesalahan imlāʾ menyimak siswa terletak pada lima kaidah penulisan yaitu penulisan huruf hijaiyyah, penulisan huruf yang boleh bersambung dan huruf yang tidak boleh bersambung, penulisan harakat, penulisan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah, dan penulisan Hamzah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AJamiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

'A Jamiy: Arabic Language and Literature Journal (p-issn: 2252-9926 and e-issn: 2657-2206) is a scientific journal that has published scientific papers since 2012. This journal is a Linguistics and Literature journal that is published twice a year in June and September by the Arabic Literature Study ...