Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengeksplorasi proses penerapan Problem Based Learning dengan menggunakan media Power Point pada pelajaran bahasa Arab di MAN Barito Selatan; (2) menemukan hasil penerapan Problem Based Learning pada pelajaran bahasa Arab dengan media Power Point dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan penerapan model Problem Based Learning di MAN Barito Selatan dalam mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas X dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaki tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model Problem Based Learning masuk dalam kategori sangat baik, karena siswa dapat mengeksplor lebih jauh mengenai permasalahan-permasalahan yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari siswa dan juga dituntut untuk mampu berpikir kritis dan saling bekerjasama dalam kelompok untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dipaparkan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024