Al-Minhaj
Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Ulumul Qur’an dalam Konteks Manajemen Pendidikan

R. Mohune, Atika (Unknown)
Yahiji, Kasim (Unknown)
Anwar, Herson (Unknown)
G. Otaya, Lian (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menyajikan konsep manajemen dari sudut pandang Al-Qur’an dan Hadist yang menjadi acuan atau pandangan hidup umat islam. Pendidikan islam mempunyai jalur, tingkatan, dan bentuk yang berbeda- beda dan memerlukan pengelolaan yang tepat. Namun, selalu ada pendapat negatif mengenai manajemen pendidikan islam. Meskipun, al- qur’an memang tidak menyebutkan hal- hal yang berhubungan dengan manajemen secara rinci. Tujuan dari artikel ini menganalisis pentingnya ulumul qur’an dan menemukan ulumul qur’an dalam konteks manajemen pendidikan, metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) yang proses kepenulisannya dengan menggunakan pengumpulan buku- buku termasuk buku- buku online, jurnal serta hasil dari beberapa penelitian terdahulu yang mendukung tema dari kepenulisan ini. Hasil kajian literatur menurut Manna al-Qaththan: Ulumul Quran adalah ilmu yang mencakup pembahasan yang berkaitan dengan al- Qur’an dari sisi informasi tentang asbab al-nuzul (sebab- sebab turunnya al Qur’an), modifikasi dan tertib penulisan al- qur’an, ayat- ayat yang diturunkan di Mekkah (Makkiyah) dan ayat- ayat yang diturunkan di Madinah (Madaniyah), dan hal- hal yang berkaitan dengan al- Qur’an. (Al- Qaththan, 1973:15)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...