Al-Minhaj
Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sujud Syukur, Sahwi Dan Tilawah Di Kelas VII SMPN Satap Pomoman

Ningsih, Indah Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sujud melalui penerapan metode demonstrasi di kelas VII SMPN Satap Pomoman Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart, terdiri dari dua siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Rata-rata nilai siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua, diiringi dengan peningkatan keterlibatan dan interaksi sosial di dalam kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode demonstrasi, didukung oleh media audiovisual, tidak hanya memperkuat pemahaman konsep, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diterapkan secara luas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...