Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR DI KELAS IX SMP NEGERI 1 TELAGA

Noventi Dj Abidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Hari Akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui pembelajaran berbasis Multimedia. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase d kelas 9 di SMP Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 31 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Iman Kepada Hari Akhir”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya pembelajaran berbasis multimedia hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (16,12%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 55,96. Setelah diterapkannya pembelajaran berbasis multimedia tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 17 (54,83%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.80 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 28 peserta didik (90,32%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84.83. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis multimedia. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...