Al-Minhaj
Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENGEMBANGAN MATERI Q.S AL-ALAQ AYAT 1-5 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS 3 DI SDN 5 TELAGA

Abdul Hamid Arjun Baruadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi q.s al-alaq ayat 1-5 dengan model pembelajaran pbl kelas 3 sdn 5 talaga. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 3 SDN 5 telaga Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama hasil observasi aktifitas peserta didik mencapai presentase 81% dan hasil belajar peserta didik yang tuntans 26 orang (66,7%) dan pada siklus 2 terjadi peningkatan aktifitas peserta didik mencapai 97% serta hasil belajar peserta didik yang tuntas 31 orang (100%). Secara keseluruhan, penerapan pembelajaran PBL dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi untuk menyajikan pembelajaran secara menarik, tetapi juga mendukung proses konstruktivisme dengan memberikan peserta didik kesempatan untuk berinteraksi, berdiskusi, dan membangun pengetahuan secara aktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...