Al-Minhaj
Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATERI SURAH AN-NASR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS VIDIO PEMBELAJARAN AL-QURAN MENARIK

Harlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an materi surah An-Nasr peserta didikk kelas III di SD Negeri 6 Tappanjeng melalui pemanfaatan media berbasis vidio Al-Qur’an menarik. Metode ini mengacu pada strategi pembelajaran yang memberikan contoh langsung (pemanfaatn vidio menarik Al-Qur’an) kepada peserta didik dalam melaksanakan membaca Al-Qur’an dengan benar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah penerapan metode berbasis vidio . Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih mengalami kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam aspek ketepatan kemampuan membacaAl-Qur’an. Dengan demikian, penerapan metode berbasis vidio terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...