Al-Minhaj
Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEYAKINI NABI DAN RASUL ALLAH SWT. MATA PELAJARAN PENDIDIKA AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Husnul Khatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Meyakini Nabi dan Rasul Allah SWT. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Team games tournament. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D kelas VIIIC SMP Negeri 3 Bissappu Bantaeng, yang terdiri dari 24 peserta didik. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Team games tournament berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Meyakini Nabi dan Rasul Allah SWT. Sebelum diterapkannya model Team Gmaes Turnamen motivasi belajar peserta didik secara klasikal hanya 54%, setelah diterapakan model team games tournament tersebut pada siklus I motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 63%, dan pada sikllus II terjadi peningkatan menjadi 81%. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran , karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berpartisipasi dan berperang aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...