Al-Minhaj
Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menguatkan Iman Dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu Dan Zuhud Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Kelas XI Di SMA Negeri 1 Bolaang

Mokodompit, Yosinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menguatkan Iman Dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu dan Zuhud Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek dari penelitian ini adalah Kelas XI SMA Negeri 1 Bolaang Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penerapan metode Mind Mapping berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu dan Zuhud. Saat diterapkannya metode Mind Mapping pada siklus 1, hasil belajar peserta didik hanya 9 peserta didik (37,5%) yang tuntas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai rata-rata 68,70. Dan pada siklus II penerapan metode Mind mapping terjadi peningkatan pada 24 peserta didik (100%) dengan nilai rata-rata 85,45%.Peserta lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode Mind Mapping mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...