Al-Minhaj
Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Iman Kepada Nabi Dan Rasul Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat

Mamonto, Nurbaity (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah fase D kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Make a Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,6. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siklus I sebanyak 7 orang peserta didik (46,6%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 13 peserta didik (86,6%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,93. Peserta didik lebih terlibat aktif dan antusias dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...