Al-Minhaj
Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE PONDASI DALAM MENGHAPAL RUKUN ISLAM MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR

Nurbaeti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik fase pondasi dalam menghapal Rukun Islam melalui media kartu bergambar. Rukun Islam merupakan fondasi penting dalam pendidikan agama yang perlu dipahami dan dihafal oleh peserta didik. Namun, banyak di antara mereka mengalami kesulitan dalam proses penghafalan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan media kartu bergambar sebagai alat bantu belajar yang interaktif dan menarik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghapal Rukun Islam peserta didik setelah menggunakan media kartu bergambar. Data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah penerapan media, serta observasi selama proses pembelajaran. Analisis data menunjukkan bahwa peserta didik menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses belajar, yang berdampak positif terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik fase pondasi, serta dapat dijadikan sebagai alternatif metode pengajaran dalam pembelajaran agama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...