Al-Minhaj
Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL SURAH AL-IKHLAS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Verawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menghafal Surah Al-Ikhlas menggunakan media audio visual di TK Fitrah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 peserta didik TK Fitrah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hafalan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghafal dan pemahaman makna Surah Al-Ikhlas setelah penerapan media audio visual. Sebelum tindakan, hanya 40% peserta didik yang berhasil menghafal, sedangkan setelah tindakan, angka tersebut meningkat menjadi 85%. Selain itu, pemahaman terhadap makna surah juga meningkat, dengan 75% peserta didik mampu menjelaskan arti surah dengan baik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pendidikan agama di TK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...