Al-Minhaj
Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HIDUP DAMAI DENGAN SALING MEMAAFKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Sri Novita Sudarmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa pada materi Hidup Damai dengan Saling Memaafkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di SDN 61 Kota Timur. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning memperoleh nilai persentase 75%, yang termasuk dalam kategori baik. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yang memerlukan perbaikan. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...