Al-Minhaj
Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT FITRAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Hartatik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat fitrah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Poblem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah Fase C Kelas V SDN II Tomohon, yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi zakat fitrah. Sebelum diterapkannya Model pembelajaran Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 4 peserta didik (36,3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 7 peserta didik (63.3%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73.63 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (90,9%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87.27. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...