Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Halmahera Selatan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus dilakukan melalui empat tahap yakni (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3 Halmahera Selatan pada materi perubahan keseimbangan lingkungan. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 53% yang tergolong kurang sedangkan pada siklus II yaitu meningkat menjadi 100%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 64%, siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I sebanyak 13 orang yang belum tuntas atau sebanyak 65% yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 19 orang yang tuntas atau sebanyak 95% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2023