Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam
Vol 5 No 1 (2024): September, 2024

PERSPEKTIF IBNU JAMĀ’AH DAN THOMAS LICKONA SERTA IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fahri Ramadhan (Unknown)
Abdul Haris (Unknown)
Ajang Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini memuat konsep pemikiran tentang pendidikan karakter perspektif Ibnu Jamā’ah dan Thomas Lickona untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai pembelajaran yang memiliki peran besar dalam mendidik karakter siswa yang belakangan ini muncul banyak kasus kejahatan terkait perilaku para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter, perbandingan nilai-nilai karakter dan implementasi nilai-nilai karakter Ibnu Jamā’ah dan Thomas Lickona terhadap Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan karakter perspektif Ibnu Jamā’ah yaitu nilai ketuhanan, nilai kerja keras dan nilai sosial. Adapun menurut Thomas Lickona yaitu pengetahuan moral, perasaan moral dan perbuatan moral. Perbandingan kedua tokoh ini atas bertumpu pada 4 aspek yang hasilnya bahwa Thomas unggul pada aspek penekanan terhadap pengamalan pendidikan karakter dan penyelesaian permasalahan. Sedangkan Ibnu Jamā’ah unggul pada aspek landasan pendidikan karakter dan hasil sama dari kedua tokoh ini pada aspek penerapan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini kemudian diimplementasikan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan berfokus pada dasar kurikulmnya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji tindakan kelas untuk mengukur motivasi belajar siswa dan efektivitas dari hasil pembelajaran pendidikan karakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Integratif

Publisher

Subject

Education

Description

Integratif adalah Jurnal Magister pendidikan agama islam pada institute Agama Islam Tasikmalaya. Menerima berbagai manuskrif dari dosen, peneliti, mahasiswa yang konsen pada masalah pendidikan. Ruang lingkup dari jurnal ini adalah maslah pendidikan Islam, pendidikan dasar, menengah dan tinggi, ...