Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
Vol 9, No 1 (2024): Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman

HAKIKAT KEBENARAN: STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN JOHN DEWEY TENTANG PENDIDIKAN

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)
Zaenudin, Jejen (Unknown)
Hermawati, Hermawati (Unknown)
Danuri, Danuri (Unknown)
Rifki, Muchamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini membahas hakikat kebenaran dalam konteks pendidikan melalui studi komparatif terhadap pemikiran Al-Ghazali dan John Dewey. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendekatan studi pustaka, penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan keduanya mengenai pendidikan sebagai hakikat kebenaran. Analisis data dilakukan melalui analisis konten dan analisis komparatif untuk mengidentifikasi persamaan, perbedaan, dan implikasi dari sudut pandang keduanya. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai konsep kebenaran dalam konteks pendidikan, merinci perspektif Al-Ghazali yang mencakup aspek spiritual dan nilai-nilai Islam, serta pandangan John Dewey yang lebih menekankan pada pengalaman, eksperimen, dan kebebasan berpikir. Kesimpulan dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemahaman yang lebih holistik tentang hakikat kebenaran dalam pendidikan dengan melibatkan perbandingan antara pemikiran dua tokoh ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-muaddib

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan ...