Tujuan penelitian ini untuk menilai efektivitas gerakan literasi menggunakan sudut baca terhadap minat dan kemampuan membaca peserta didik kelas V. Dengan menggunakan metode studi kasus dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik (89,28%) menunjukkan partisipasi yang sangat baik dalam penggunaan sudut baca. Hasil dari angket juga mengindikasikan bahwa persepsi peserta didik terhadap gerakan literasi dalam penggunaan sudut baca adalah baik (84,88%). Berdasarkan hasil penelitian, gerakan literasi dalam penggunaan sudut baca di SD Negeri 18 Prabumulih dapat dikategorikan sebagai sangat baik, sesuai dengan respons positif dari peserta didik.
Copyrights © 2025