Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

ANALISIS GERAKAN LITERASI DALAM PENGGUNAAN SUDUT BACA SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PRABUMULIH

Gusti Arti, Tara (Unknown)
Sholeh, Kabib (Unknown)
Syaflin, Sylvia Lara (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menilai efektivitas gerakan literasi menggunakan sudut baca terhadap minat dan kemampuan membaca peserta didik kelas V. Dengan menggunakan metode studi kasus dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik (89,28%) menunjukkan partisipasi yang sangat baik dalam penggunaan sudut baca. Hasil dari angket juga mengindikasikan bahwa persepsi peserta didik terhadap gerakan literasi dalam penggunaan sudut baca adalah baik (84,88%). Berdasarkan hasil penelitian, gerakan literasi dalam penggunaan sudut baca di SD Negeri 18 Prabumulih dapat dikategorikan sebagai sangat baik, sesuai dengan respons positif dari peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...