Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

PENGARUH MODEL LITERASI ORIENTASI KOLABORASI REFLEKSI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI NUMERASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V

Velda, Gloria Vania (Unknown)
Murdani, Eka (Unknown)
Mertika, Mertika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (Lok R)terhadap peningkatan literasi numerasi pada pembelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar BruderSingkawang; Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh model Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (Lok R)terhadap peningkatan literasi numerasi pada pembelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar BruderSingkawang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatankuantitatif dan desain penelitian quasi experimenral. Penelitian ini dilakukan di SD Bruder Singkawang. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah25 siswa sebagi kelas kontrol. Teknik dan instrumen dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu soal tes. hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan perhitungan dengan rumus uji normalitas dataliterasi numerasi siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas eksperimen 0,209 > 0,05 maka Ho diterima dandidapatkan hasil dari uji normalitas data literasi numerasi siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas kontrol0,295 > 0,05 maka Ho diterima; (2) uji homogenitas data literasi numerasi siswa pada pembelajaran matematika0,709. Jadi dapat disimpulkan data yang diperoleh bersifat homogen; (3) Uji T thitung = 2,15 dan ttabel = 2,01 diperolehthitung > ttabel yaitu 2,15 > 2,01 maka Ha diterima dan H0 ditolak; (4) Uji effect size 0,54 dengan kriteria sedang. Jadi dapatdisumpulkan terdapat pengaruh model LOK-R terhadap peningkatan literasi numerasi pada pembelajaran matematikasiswa kelas V SD Bruder Singkawang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...