Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kriteria kemandirian belajar siswa; 2) Untukmendeskripsikan kriteria hasil belajar siswa; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemandirian belajar denganhasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatankuantitatif dan desain penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 92 Singkawang. Sampel dalam penelitian iniadalah kelas 4 yang berjumlah 30 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angketkemandirian belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungankemandirian belajar tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 63,18; (2) hasil belajar siswa tergolong tinggidengan rata-rata keseluruhan 80; (3) Terdapat hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa kelas V di SDN92 Singkawang dengan koefisien korelasi sebesar 0.714 berada pada kategori tinggi dan koefisien diterminan sebesar50,98%.
Copyrights © 2025