Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

KOMPARASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VI PADA MATERI ENERGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI

Kuswari, Adelia (Unknown)
Utama, Erdi Guna (Unknown)
Rosdianto, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains materi energi padasiswa kelas VI SD Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah untuk mengetahui kemampuan literasi sains materi energi siswakelas VI Kelas VI Sekolah Dasar Nasional dan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitiankomparatif yang berupaya menemukan perbedaan antara dua variabel atau lebih. Subjek penelitian ini adalah siswaKelas VI SDN 55 Singkawang dan MIN Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknikpurposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalahuji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,492 > 0,05yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains siswa kelas VI SD dan kelas MI. Dari hasilperhitungan kemampuan literasi sains siswa SDN 55 Singkawang adalah secara keseluruhan kategori nilai dankemampuan tinggi adalah 72,50 MIN Singkawang Literasi sains siswa secara keseluruhan adalah 76,02 dengankategori tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...