Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains materi energi padasiswa kelas VI SD Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah untuk mengetahui kemampuan literasi sains materi energi siswakelas VI Kelas VI Sekolah Dasar Nasional dan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitiankomparatif yang berupaya menemukan perbedaan antara dua variabel atau lebih. Subjek penelitian ini adalah siswaKelas VI SDN 55 Singkawang dan MIN Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknikpurposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalahuji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,492 > 0,05yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains siswa kelas VI SD dan kelas MI. Dari hasilperhitungan kemampuan literasi sains siswa SDN 55 Singkawang adalah secara keseluruhan kategori nilai dankemampuan tinggi adalah 72,50 MIN Singkawang Literasi sains siswa secara keseluruhan adalah 76,02 dengankategori tinggi.
Copyrights © 2025