Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu media yang digunakan masihmemanfaatkan buku ajar dan benda yang ada di sekolah, kurangnya variasi media pembelajaran, kurangnyapemahaman guru terkait pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Hal tersebut menyebabkan hasil belajarsiswa rendah dikarenakan siswa sulit memahami materi yang diajarkan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakandengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media komik digital yang telah diuji kelayakan, kepraktisan, dankeefektifannya sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian danpengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil validasi oleh ahli materidiperoleh skor 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor 81% dengan kategori“Sangat Layak”. Hasil penilaian praktisi pendidikan diperoleh skor 86% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasilefektivitas dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 76,03% atau N-Gain > 0,70 dengan kategori “Sangat Efektif”,Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa MediaKomik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik yang layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025