Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Pbl TerhadapKemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas 4 Di Sd N Sambirejo Pada Materi Pemecahan Masalah Matematika. Penelitianmerupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD NegeriSambirejo Surakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Cluster Random Sampling.Penelitian menggunakan random sampling dan dipilih satu kelompok sebagai sampel yaitu kelas IV sebagai kelompokpretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitasdan uji reliabilitas sebagai teknik uji coba instrumen yang digunakan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalahuji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Analisis data menggunakan ujiIndependent Sample T-test dengan tingkat signifikansi 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan “adanya pengaruhModel Pembelajaran Pbl Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas 4 Di Sd N Sambirejo Pada MateriPemecahan Masalah Matematika.” Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya menyarankan untuk menjelajahi modelpembelajaran ini dapat diterapkan di berbagai tingkat dan mata pelajaran lain. Dikarenakan keterbatasan dari penelitianini, disarankan untuk melakukan penelitian selanjutnya yang lebih luas dalam konteks dan populasi yang lebih besaruntuk menguji hasil yang konsisten dan valid. Selain itu, peneliti berikutnya dapat mengeksplorasi bagaimana interaksiantara model PBL terhadap kemampuan numerasi pada soal Matematika.
Copyrights © 2025