Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 6 (2023)

ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK HIGHER ORDER THINKING SKILL DI MI SIDOARJO

Indriani, Nina (Unknown)
Sutamah, Sutamah (Unknown)
Maharani, Alissa Putri (Unknown)
Wahyuni, Ninik (Unknown)
Afi, Dewi Afidatul (Unknown)
Bahri, Fadhilah Faradisa (Unknown)
Rahma, Shinta Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru MI dalam mengembangkan instrument autentik HOTS pada proses pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini, akan menunjukkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru khususnya guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrument penilaian higher order thinking skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian melibatkan guru mata pelajaran dan siswa kelas III, IV dan V MI Sidoarjo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan instrument autentik higher order thinking skills yaitu pemahaman guru terhadap kata kerja operasional yang termasuk dalam HOTS, penyesuaian CP (Capaian pembelajaran) dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dalam penyusunan modul ajar, kesulitan guru dalam menyusun instrument autentik penilaian HOTS, serta respon peserta didik terhadap asesmen yang dirancang oleh guru menunjukkan mereka merespon dengan baik dan lebih menyukai jika asesmen dibentuk berupa power point menarik dengan soal-soal evaluasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...