Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 3 (2024)

Analisis Kualitas Butir-Butir Soal Menggunakan Iteman sebagai Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Nurlaila, Nurlaila (Unknown)
Remiswal, Remiswal (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi butir soal berdasarkan tingkat kesulitan, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh pada ujian ulangan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rao Utara. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan sampel dari kelas X IPA 1, X IPS 1, dan X IPS 2 yang berjumlah 200 siswa. Analisis dilakukan terhadap 40 butir soal menggunakan ITEMAN untuk menilai tingkat kesulitan, di mana ditemukan 15 soal sulit, 15 soal sedang, dan 10 soal mudah. Evaluasi ini menyarankan untuk meninjau kembali tingkat kesulitan soal. Selanjutnya, analisis terhadap daya pembeda menunjukkan bahwa 7 soal sangat baik, 17 soal baik, 9 soal cukup, dan 7 soal perlu diperbaiki karena dinilai kurang baik. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa ada tiga soal yang perlu diganti karena tidak efektif dalam mengecoh siswa dalam menjawabnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...