Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa kelas V SDN 06 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa instrument wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data yang mengacu pada metode Miles and Huberman dengan hasil penelitian berupa pendeskripsian tentang peran budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa kelas V SDN 06 Pekanbaru. Ada empat indicator peran budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa yaitu : gerakan literasi sekolah, ekstrakurikuler, menetapkan kegiatan awal dan akhir KMB, menetapkan tata tertib sekolah. Hasil yang ditemukan dilapangan sudah sesuai dengan teori, sebagian besar budaya sekolah berperan penting dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa disekolah. Dengan terlaksananya keempat indikator peran akan membuat siswa memiliki karakter disiplin. Dengan kegiatan literasidapat menumbuhkan karakter siswa yang gemar membaca dan sikap disiplin melalui pembiasaan literasi setiap harinya, didalam kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu dalam proses pembentukan karakter disiplin dan kepribadian peserta didik, menetapkan kegiatan awal dan akhir KMB dapat melatih kedisiplinan dengan memberikan contoh teladan kepada siswa, dalam menetapkan tata tertibmerupakan langkah guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penegakan-penegakan peraturan didalam kelas.
Copyrights © 2024