Dalam pembelajaran musik, ditemukan beberapa permasalahan yang menyebabkan peserta didik belum mampu memainkan pola ritme dengan baik, sehingga peserta didik hanya memiliki aspek pengetahuan semata, tanpa memiliki tingkat keterampilan yang baik. Dari fenomena tersebut, maka ditemui dalam proses pembelajaran beberapa permasalahan dalam yakni kurang tercapainya tujuan pembelajaran yang disebabkan oleh waktu pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang kurang efektif, dan kurangnya interaksi guru dan peserta didik. Penerapan metode Rhythm Syllables yang menggunakan tahapan kecil seperti memperkenalkan symbol ritme dengan menggunakan suku kata. Pada pelaksanaanya metode ini bertujuan untuk menghilangkan kesulitan kepada peserta didik dalam membaca ritme suatu karya musik. Dari hasil pembelajaran yang dilakukan, menunjukan bahwa proses pembelajaran melalui metode rhythm syllables sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dari sejumlah siswa yang belajar pola ritme, hampir semua telah berhasil dalam membacara pola ritme dengan menggunakan suatu karya musik.
Copyrights © 2024