Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Vol. 2 No. 2, Juli (2025): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI KALIMAT EFEKTIF

Aji Ermawan (Unknown)
Asep Saefullah Kamali (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat efektif model pembelajaran problem based learning (PBL)  dikelas IV SDN Munjul 1 kabupaten Pandeglang tahun ajaran 2024/2025, pembelajaran adalah kegiatan menghasilkan ilmu, yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses prolehan ilmu dan pengetahuan. Pembelajaran menggunakan media digital merupakan pembelajaran yang menarik perhatian bagi peserta didik dikarenakan dapat menghilangkan rasa bosan pada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL), penelitian ini menggunakan 3 siklus setiap siklus mengadakan 2 kali pertemuan setiap kali pertemuan ada peningkatan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika, pembelajaran menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia kalimat efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik (SM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti pada semua bidang ilmu pendidikan. ...