Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan pengukuran pada anak usia 5-6 tahun di TK Setia Budhi Rangkasbitung. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pengukuran pada anak usia 5-6 tahun di TK Setia Budhi Rangkasbitung. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Setia Budhi Rangkasbitung, yang berjumlah 20 orang, waktu dan tempat penelitian pada bulan Januari sampai dengan Februari, bertempat di TK Setia Budhi Rangkasbitung. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 empat kali tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi, wawancara, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Analsiis data penelitian menggunakan analsisi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan pengukuran pada anak setelah menggunakan media loose parts. Sebelum diberikan intervensi kemampuan pengukuran 44,68%, setelah diberikan tindakan siklus I kemampuan anak meningkat menjadi 66,25%, dan pada siklus II kemampuan rata-rata anak meningkat menjadi 84,68%. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahawa implementasi media loose parts dapat meningkatkan kemampuan pengukuran.
Copyrights © 2025