Perkembangan teknologi komunikasi mendorong perubahan seluruh aspek kehidupan manusia, baik sosial, budaya, ekonomi, dan berbagai aspek lain, termasuk transportasi. Masyarakat mengalami transformasi dalam kegiatan sehari-hari, belanja secara online, berinteraksi dengan media sosial, bahkan berpergian meggunakan aplikasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ojek online gojek di Tangerang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif statistik menggunakan smartPls 4. Metode pengumpulan data kuesioner, wawancara, dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik sampling non probability sampling dengan sampling kuota. Hasil penelitian menunjukan t statistic > t table dan nilai sig. > P value. Maka kualitas sumber daya manusia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kualitas sdm berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kualitas sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan. Uji structural inner model nilai R square 0,666 artinya kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 66,6%., termasuk kategori pengaruh moderat.
Copyrights © 2024