Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan, efektivitas manajemen pelayanan dan faktor-faktor yang pendukung dan penghambat pengelolaan manajemen di KUA Kecamatan Konda. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUA Kecamatan Konda telah menerapkan manajemen pelayanan sudah cukup baik dilihat dari alur pendaftaran nikah yang sudah terstruktur dengan baik sehingga mempermudah masyarakat yang akan menggunakan jasa KUA Kecamatan Konda. Faktor pendukungnya adalah kelengkapan berkas administrasi, tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi pegawai KUA Kecamatan Konda sehingga dapat terlaksananya semua perencanaan yang membuat masyarakat puas terhadap pelayanan di KUA Kecamatan Konda. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya fasilitas yang ada di KUA Kecamatan Konda sehingga membuat beberapa hal terkendala seperti, jaringan internet pada saat melakukan pelayanan nikah online, serta SDM yang kurang memadai. Oleh karena itu, disarankan untuk mengidentifikasikan kebutuhan SDM baik secara kreatifitas maupun kualitas.
Copyrights © 2023