Prosiding Teknologi Pendidikan


MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Rukimin, Rukimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

            Perkembangan teknologi informasi dan komputer telah memberikan perngaruh yang sangat signifikan dalam perkembangan learning media. Penggunaan teknologi multimedia sebagai media pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu alternatif untuk membantu mengatasi masalah belajar peserta didik, karena dengan menggunakan teknologi multimedia (seperti CD interaktif), peserta didik mampu belajar bahasa Arab secara mandiri, lebih mudah, nyaman, dan belajar sesuai dengan kemampuannya. Metode penelitian ini adalah library research karena sumber datanya berasal dari buku-buku dan dokumen-dokumen tertulis. analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Taksonomi multimedia terdapat dalam 4 level yakni (1) interaksi paling sedikit; (2) interaksi berada dalama level menengah; (3) sistem yang mengkombinasikan komputer dan video disc; (4) penggunaan berbagai sumber visual, audio dan lain; Terdapat 3 lingkungan pembelajaran multimedia yakni (1) lingkungan preskriptif; (2) lingkungan demokratik; (3) lingkungan cybernetic;  Komponen multimedia interaktif di antaranya, teks, grafik, audio, video, image, animasi, interaktivitas, CD, CD ROMs, Perangkat perangkat, serta program authoring; Program authoring adalah setiap program komputer yang dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran. Untuk pengembangan program pembelajaran multimedia interaktif, program authoring sering dihubungkan dengan berbagai komponen media. Terdapat 2 kategori dalam program authoring yakni programming language, dan authoring tools, (hypertext authoing tools dan authoring system).Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa, Arab, Multimedia, Internatif

Copyrights © 0000