Sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah etnobotani cukup terbatas, terutama dalam pembahasan tumbuhan obat berbagai etnis di Indonesia. Pengembangan ensiklopedia berbasis literasi sains menjadi solusi potensial sebagai sumber belajar karena mampu menggabungkan informasi ilmiah dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, eksplorasi, dan keterhubungan fenomena nyata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara detail dan menganalisis data yang diperoleh dari angket mengenai kebutuhan mahasiswa akan bahan ajar berbentuk ensiklopedia sebagai salah satu sumber belajar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket analisis kebutuhan pengembangan ensiklopedia tumbuhan obat. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi, Program Studi Biologi yang telah menyelesaikan mata kuliah etnobotani, dengan sampel sebanyak 31 orang yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan ensiklopedia tumbuhan obat etnis Melayu berbasis literasi sains. Hasil angket kemudian di analisis secara deskriptif menggunakan persentase. Dari hasil analisis didapatkan bahwa 100% mahasiswa menganggap perlu adanya bahan ajar yang membahas berbagai fenomena yang dijadikan pokok bahasan etnobotani tumbuhan obat dan disajikan dalam bentuk cetak serta perlunya pengembangan sumber belajar ensiklopedia yang dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dikembangkan ensiklopedia tumbuhan obat etnis Melayu berbasis literasi sains untuk digunakan pada mata kuliah etnobotani.
Copyrights © 2025