Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 7, No 2 (2022): Bioedusiana

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Materi Sistem Koordinasi Manusia

Fadhilah H.M, Nurul (Unknown)
Rivai, Andi Tenri Ola (Unknown)
Syamsul, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RD) berdasarkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan media. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Takalar kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Kevalidan media sebesar 3,80 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media yang diperoleh melalui respon guru yakni 95,31% dan respon siswa yakni 85,18% dengan kategori yang sangat praktis. Dari 30 total peserta didik, 27 diantaranya memperoleh nilai yang berada sesuai target KKM (90%) dan 3 diantaranya memperoleh nilai yang tidak sesuai target KKM (10%). Nilai rata-rata N-gain skor yang diperoleh peserta didik yakni 0,72 dan berada pada kategori (0,7 g ≤ 1) maka dapat dikatakan bahwa  peningkatan hasil belajar peserta didik tergolong tinggi. AbstractThis research is included in the type of research and development or Research and Development (RD) based on the ADDIE development model which consists of five steps, namely Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate. This research aims to develop learning media, determine the level of validity, practicality and effectiveness of the media. This research was conducted at SMA Negeri 2 Takalar class XI IPA 1, totaling 30 students. The media validity is 3.80 with a very valid category. The practicality of the media obtained through the teacher's response is 95.31% and the student response is 85.18% with a very practical category. Of the 30 total students, 27 of them got scores that were within the KKM target (90%) and 3 of them got scores that didn't match the KKM target (10%). The average N-gain score obtained by students is 0.72 and is in the category (0.7 g 1), so it can be said that the increase in student learning outcomes is high.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...