Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 12, No 1 Apr (2024): JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)

PENERAPAN PENDEKATAN INTERPERSONAL KEPRIBADIAN HENRY MURRAY DALAM MENGATASI KORBAN BULLY

Fadilah, Risydah (Unknown)
Ginting, Siska Astria Br (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Br Purba, Siti Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Henry Murray's theory, known as Murray's Need theory, can provide valuable insight into understanding the experiences of victims of bullying. This theory identifies various basic human needs and how these needs influence individual motivation and behavior. In the context of a bully victim, Murray's theory can provide insight into the internal drives that may be involved in a bully's experiences and reactions. In this theory, basic needs such as the need for affiliation, the need for power, and the need for achievement are relevant in understanding the experiences of victims of bullying. Victims of bullying may experience feelings of insecurity and a lack of need for affiliation that is being met due to experiences of bullying and social exclusion. They may also feel their power and control is threatened by bullying by others. The need for achievement can also be affected when the bully victim feels low self-esteem and has difficulty achieving academic or social achievements due to the effects of the bullying, uses a qualitative approach with a phenomenological study type. The purpose of this study is to describe and describe the phenomenon that is happening. Researchers conducted research on one of the female students at the UINSU-Medan MAL.Teori Henry Murray, yang dikenal sebagai teori Kebutuhan Murray, dapat memberikan wawasan yang berharga dalam memahami pengalaman korban bully. Teori ini mengidentifikasi berbagai kebutuhan dasar manusia dan bagaimana kebutuhan-kebutuhan ini mempengaruhi motivasi dan perilaku individu. Dalam konteks korban bully, teori Murray dapat memberikan pemahaman tentang dorongan internal yang mungkin terlibat dalam pengalaman dan reaksi korban bully. Dalam teori ini, kebutuhan dasar seperti kebutuhan akan afiliasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan pencapaian menjadi relevan dalam memahami pengalaman korban bully. Korban bully mungkin mengalami perasaan tidak aman dan kurangnya kebutuhan akan afiliasi yang terpenuhi karena pengalaman intimidasi dan pengucilan sosial. Mereka mungkin juga merasa kekuasaan dan kendali mereka terancam oleh tindakan bully yang dilakukan oleh orang lain. Kebutuhan akan pencapaian juga bisa terpengaruh ketika korban bully merasa rendah diri dan memiliki kesulitan dalam mencapai prestasi akademik atau sosial karena efek dari bully., menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi fenomenologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena yang sedang terjadi. Peneliti melakukan penelitian terhadap salah satu siswi di MAL UINSU-Medan.Keywords: Approach; Personality Henry Murray; Bully Victim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...