IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 2 (2025): 2025

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Menumbuhkan Sikap Sosial Peserta Didik di SMKN 1 Jombang

Afifatul Ulwiyah (Unknown)
Iva Inayatul Ilahiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Potensi siswa memerlukan suatu proses Pendidikan dengan baik untuk mengembangkan baik dari segi pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk menumbuhkan sikap sosial peserta didik di SMKN 1 Jombang. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi sumber untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai PAI dalam P5 dilakukan melalui berbagai proyek berbasis nilai-nilai Islam yang membentuk karakter siswa dalam aspek keimanan, ketakwaan, dan akhlak. Dalam proses ini melibatkan kolaborasi aktif antara guru, peserta didik, dan pihak sekolah. Sikap sosial siswa yang diteliti menunjukkan peningkatan dalam aspek toleransi, empati, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Internalisasi nilai-nilai PAI dalam P5 memberikan dampak positif terhadap karakter siswa, menjadikan mereka lebih sadar akan pentingnya interaksi sosial yang berbasis pada nilai-nilai keislaman dan pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...