Tujuan penelitian ini yaitu mengukkur kompetensi awal guru dalam membuat media video, mendeskripsikan gambaran pelaksanaan pelatihan media video, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan media video terhadap kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan media video terhadap peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembeelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota Makassar. Lokasi penelitian di laksanakan di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini sebanya 10 guru dengan menggunakan teknik sampling purosiveI. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan twknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji ttest maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1. Setelah pelaksanaan pelatihan media video lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan media video menggunakan aplikasi Wondershare Filmora terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran di SD Negeri Bara-Baraya 1 Kota Makassar.
Copyrights © 2024