Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan dan mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas  5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development , Implementation, dan evaluation. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa di kelas XI IPA di SMAN 8 Kota Bengkulu. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, analisis kebutuhan, validasi media, dan N-gain. Hasil analisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif sebesar 85%, yang menyatakan bahwa peserta didik sangat setuju dan membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Analisis data validasi media memperoleh persentase sebesar 86,85% dan N-gain sebesar 0,71 yang menyatakan bahwa media tersebut layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.
Copyrights © 2024