Journal of Teaching and Learning Physics
Vol. 9 No. 1 (2024): Journal of Teaching and Learning Physics (February 2024)

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa

Setiani, Ima (Unknown)
Medriati, Rosane (Unknown)
Purwanto, Andik (Unknown)
Uhum, Marvellino Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan dan mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas  5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development , Implementation, dan evaluation. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa di kelas XI IPA  di SMAN 8 Kota Bengkulu. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, analisis kebutuhan, validasi media, dan N-gain. Hasil analisis kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif sebesar 85%, yang menyatakan bahwa peserta didik sangat setuju dan membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Analisis data validasi media  memperoleh persentase sebesar 86,85%  dan N-gain sebesar 0,71 yang menyatakan bahwa media tersebut layak digunakan dan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtlp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics is a peer-reviewed journal on Physics Education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published by Departement of Physics Education Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati ...