Dalam pembelajaran IPAS, materi cahaya masih dirasa sulit untuk dipahami. Hal ini dikarenakan peserta didik seringkali mempelajari materi cahaya dan sifatnya hanya dengan menghafal saja tanpa mempelajari lebih dalam isi materi. Dalam mempelajari isi materi, diperlukannya rasa keingintahuan untuk menggali informasi lebih dalam sehingga Peserta didik akan lebih mudah mengingat dan mengaitkan apa yang mereka pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh model pembelajaran dan penjelasan peserta didik terhadap rasa ingin tahu peserta didik tentang materi cahaya di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasy experimen. Sampel keseluruhan pada penelitian ini berjumlah 68 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai T-test sebesar 0,00 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta DIdik Materi Cahaya di SD
Copyrights © 2024